Mengenal Vitamin C Dan Manfaatnya Bagi Tubuh Kita

Tubuh kita sangat memerlukan asupan berbagai vitamin yang salah satunya adalah vitamn C yang juga disebut sebagai Ascorbic Acid atau Asam Askorbat. Vitamin C adalah termasuk sebagai jenis vitamin yang larut dalam air yang bila berlebihan, kelebihannya akan terbuang bersamaan dengan urine, karena sifat ini juga, kita dianjurkan untuk mendapatkan asupan vitamin C setiap hari.

Vitamin C memiliki segudang manfaat, tidak hanya berperan dalam merawat kesehatan gusi yang selama ini kita ketahui. Peranan lainnya vitamin C bagi tubuh kita diantaranya adalah merangsang pembentukan kolagen yang berguna untuk memperbaiki dan menjaga jaringan tubuh seperti kulit dan pembuluh darah. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, menghalau zat-zat beracun dan juga bisa menurunkan resiko kanker. Vitamin C juga mampu mencegah pengerasan arteri yang diakibatkan oleh kolesterol jahat karena Vitamin C mampu meningkatkan metabolisme kolesterol menjadi empedu. Selain itu Vitamin C juga dikenal sebagai vitamin yang tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh tapi juga dapat mempercepat proses pemulihan.

Banyak sekali peranan dan manfaat vitamin C yang berkaitan dengan kecantikan. Vitamin C memang sangat baik bagi kulit, vitamin C menjaga dan memperbaiki jaringan kulit, menjadikannya segar, halus dan lembab serta mencegah penuaan dini akibat radikal bebas. Vitamin C juga mampu menekan enzim yang berperan dalam pembentukan pigmen kulit sehingga kulit tampak berseri dan lebih cerah. Tak heran banyak produk kecantikan memasukkan vitamin C kedalam produknya, bahkan ada juga cara perawatan kulit yang dilakukan dengan menyuntikkan serum Vitamin C.

Vitamin C ini memang tidak dapat secara alami diproduksi dalam tubuh kita, tapi bisa dengan mudah kita dapatkan melalui berbagai sumber makanan yang kita konsumsi, khususnya buah-buahan. Buah jeruk, lemon,tomat, strawberry, kubis, dan brokoli adalah segelintir dari banyaknya sumber makanan yang memberikan kita asupan vitamin C secara alami. Sumber vitamin C paling baikdan paling aman adalah melalui sumber yang alami. Konsumsilah buah-buahan dan sayur secara rutin sebagai sumber vitamin C yang baik bagi tubuh.

Leave a comment